Tuesday, January 7, 2014

POSISI IDEAL PEMAIN ORKES DANGDUT DI ATAS PANGGUNG

Banyak para musisi / player / pemain sewaktu live konser di atas panggung mengeluh kurang “Nyaman” dengan Audio di atas Panggung. Keluhan itu di antaranya Kurang Termonitor nya instrument yang Player mainkan. Padahal Ampli Gitar/Keyboard yang di pakai sudah standar, Sound Panggung pun produk builtup/pabrikan. Tapi Player/Pemain TETAP aja ngeluh……..

Apa Penyebabnya….???
Ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan Player/Pemain merasa kurang “Nyaman” , diantaranya:
  
1. Setting/pengaturan Ampli Gitar/Keyboard dengan Volume yang over/berlebihan. 
Hal ini menyebabkan terjadinya “PERANG SUARA” dari masing-masing Instrumen yang dimainkan antara player yang satu dengan yang lainya. Sehingga mengakibatkan susah dimonitornya instrument yang sedang dimainkan oleh Player tersebut.
SOLUSI :
Player/pemain harus mensetting ampli gitar/keyboard nya dengan settingan FLAT atau dari Volume Kecil terlebih dahulu.
Sebagai Instrumen Patokan pakailah Volume Tabla/Kendang + Bass. Disinilah Player/Pemain dituntut untuk bersikap professional dan toleransi yang tinggi. Sifat Ego dan Individualisme ingin menonjolkan “permainan/skill” sendiri harus di buang jauh-jauh. INGAT: saat Live Konser UTAMAKAN KERJA TEAM.
Jika Volume Tabla/Kendang + Bass sudah Maksimal Balance, maka Instrumen yang lain harus disetting / diatur dan disesuaikan dengan volume tabla/kendang + Bass tersebut yaitu sebagai STANDART/ACUAN setting/pengaturan Volume instrument musik lainya.
2. Posisi Player/Pemain yang kurang tepat saat di atas Panggung.
Posisi/letak Player yang kurang tepat, juga akan menyebabkan kurang harmonisnya Audio yang keluar dari pasangan instrument tersebut. Bahkan bisa juga menyebabkan terjadinya “PERANG SUARA” antara instrument yang diletakkan berdampingan.
Sebagai Contoh Posisi yang kurang Tepat:
Pemain Melodi berdampingan dengan pemain String Keyboard. Karena Kedua Instrumen ini bermain di Frekwensi yang hampir sama, type suara juga hampir sama, pengaturan volume juga hampir sama, maka apabila dimainkan akan membuat kurang termonitornya masing-masing instrument tersebut oleh player.
Pemain Tabla dengan pemain Ropel Keyboard. Suara yang di hasilkan oleh “tak” tabla memiliki warna yang hampir sama dengan suara ropelan keyboard. Tentu hal ini akan membuat bingung kedua player tersebut jika diletakkan pada posisi bersebelahan.
SOLUSI:
Untuk mengatasi beberapa masalah di atas, maka diperlukan pengaturan POSISI Player yang tepat. Berikut ini salah satu Formasi POSISI Player yang Ideal saat di atas Panggung Live Konser Dangdut menurut pengalaman kami selama ini.

Apabila dalam kondisi tertentu tidak bisa seperti pada gambar, maka Formasi Posisi pemain cukup di balik saja.
Demikian yang mampu kami sampaikan sekedar berbagi pengalaman. Semoga bisa di jadikan referensi dan bisa membuat Player/pemain musik pada suatu pertunjukan orkes dangdut menjadi lebih Nyaman.
Kunjungi Group Kami Klik Di Gambar ini:
http://www.nirwanareligi.com 
JASA HIBURAN ISLAMI
HP. 0852 79303788
PIN BB 7D31E2D9

0 comments:

Post a Comment